Ada Yang Berbeda dengan PPL Fakultas Dakwah Kali Ini

Dekan Fakultas Dakwah memberikan sambutan dalam acara pembukaan PPL yang diadakan secara virtual

Jumat, (11/02/2022), membuka acara PPL tahun ajaran 2021/2022, Dekan Fakultas Dakwah H. Topikurrahman Bedowi, MA mengatakan bahwa pelaksanaan PPL tahun ini sangat berbeda.

“Filosofi PPL pada dasarnya adalah terjun ke lapangan untuk ditugaskan ke mitra-mitra PPL, namun berdasarkan hasil evaluasi, ternyata PPL yang dilaksanakan sebelumnya kurang mencapai sasaran,” terang dekan fakultas Dakwah

Kaprodi Manajemen Dakwah, Dr. Nanang Kuswara, M.Si juga menerangkan bahwa PPL kali ini bukan kepraktekan tapi lebih ke arah pemahaman kepraktekan. Oleh karena itu keterlibatan mahasiswa perlu dimaksimalkan.

Menurut Kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Drs. Ahmad Fahruddin, M.Si menyatakan, “mengikuti PPL sama dengan mengikuti perkuliahan 2-3 semester”.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dalam teori Taksonomi Bloom tentang proses belajar yang melibatkan kognitif, afektif dan psikomotorik, semuanya ada dalam PPL.

PPL yang dilaksanakan pada tahun ajaran ini diadakan secara virtual dengan pemberian materi-materi yang sesuai dengan Prodi Manajemen Dakwah (MD) dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Untuk Prodi KPI tema PPL yang dibawakan adalah “Kiat Jitu menjadi Jurnalis/Pembicara Profesional” dan dimentor langsung oleh pemateri-pemateri dari jurnalis-jurnalis yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang pers, radio dan design grafis.

Sedangkan untuk Prodi MD mengusung tema “Saatnya menjadi daí yang berjiwa enterpreneur” dengan pemateri-pemateri yang berasal dari kalangan wirausaha dan juga maneger keuangan syariáh.

PPL ini akan diadakan dalam 6 sesi setiap hari jumat dari tanggal 11 Februari – 25 Februari 2022

Oleh: Wahab Nur Kadri

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these